Cara Memijat Bayi Untuk Meredakan Perut Kembung

Cara Memijat Bayi Untuk Meredakan Perut Kembung

Gas mungkin merupakan elemen alami dari perkembangan bayi, tetapi dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan membuat kita sebagai orang tua kuatir. Meskipun masalah ini mungkin sulit untuk diobati, solusi umum membuat bayi baru lahir bersendawa dengan mengangkatnya dalam posisi tegak setelah menyusui.

Untuk membantu bayi merasa lega, sebagai orang tua mungkin mencari solusi alternatif, seperti gripe water, atau suplemen herbal. Namun, cara ini tidak selalu efektif dan terkadang bisa berbahaya.

Jika dilakukan dengan benar, pijat bayi bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk mengeluarkan gas, sekaligus mendorong ikatan yang lebih kuat antara orang tua dan bayi.

Cara Memijat Bayi Untuk Perut Kembung

Pijat bayi yang difokuskan pada pelepasan gas mungkin terlihat sedikit berbeda dari pijat bayi konvensional. Pijat tradisional cenderung kurang fokus dan melibatkan lebih sedikit tekanan.

Gunakan langkah-langkah berikut untuk menentukan kapan dan bagaimana memijat bayi Anda dengan aman untuk menghilangkan perut kembungnya:

Konsultasikan dengan dokter Anda

Jika Anda curiga bayi Anda memiliki masalah kesehatan yang signifikan yang menyebabkan kembung, tanyakan kepada dokter sebelum memulai program pijat.

Bergantung pada masalahnya, solusi lain mungkin akan terbukti lebih efektif. Jika tidak, dokter Anda dapat memberikan saran untuk memberikan pijatan yang aman.

Pijat di waktu yang tepat

Hindari pijatan setelah menyusui, karena dapat menyebabkan muntah (gumoh). Memijat cenderung paling efektif sebagai tindakan pencegahan perut kembung.

Banyak orang tua lebih memilih untuk memberikan pijatan pada sikecil, terutama pada waktu malam hari, ini akan mendorong suasana lebih nyaman untuk membantu sikecil terdidur.

Gunakan minyak dengan aman

Beberapa orang tua lebih suka memijat bayi mereka saat menggunakan minyak, agar mengurangi gesekan yang dapat melukai kulit bayi, pilih minyak yang aman.

Baby oil adalah pilihan yang aman dan baik, namun Anda harus berhati-hari untuk memilih produk yang dipasarkan. Pastikan untuk mengujinya di bagian kecil kulit untuk menentukan apakah alergi atau tidak.

Cara Memijat Bayi Untuk Meredakan Perut Kembung

Baca Juga :

Teknik Pijat Bayi Yang Aman Dan Nyaman

Gunakan beberapa teknik berikut saat Anda memijat bayi Anda:

  •  Mendayung

Pijat dasar ini menggunakan kedua sisi tangan, memindahkannya satu per satu dari tulang rusuk bayi ke panggul.

  •  Kaki sepeda

Letakkan bayi Anda dalam posisi bersandar dengan kaki ditekuk. Pegang satu kaki di masing-masing tangan dan buat lingkaran vertikal lambat, tekuk lutut ke dalam dan rentangkan kaki ke belakang.

Perhatikan bayi Anda dengan hati-hati untuk respons dan hentikan jika bayi Anda tidak nyaman.

  •  Teknik “Aku mencintaimu”

Pendekatan pijat bayi ini dapat meredakan perut kembung dengan cepat. Gunakan tangan Anda untuk menjiplak huruf ‘I’ terbalik di sisi kiri perut bayi Anda. Ikuti dengan ‘L’ terbalik, dimulai lagi di sisi kiri perut dan bergerak ke seberang. Langkah terakhir membutuhkan huruf ‘U’ terbalik, yang akan melintasi perut bayi Anda.

  •  Jarum jam

Gaya pijatan ini bergerak dari kiri ke kanan kalau dari sudut pandang Anda, (atau untuk bayi Anda, dari kanan ke kiri) untuk mengeluarkan gas melalui saluran usus.

Gunakan tangan kanan Anda untuk memijat perlahan dengan gerakan searah jarum jam, sedangkan tangan kiri Anda mulai pada arah jam 10 dan bergerak dalam bentuk sabit hingga mencapai arah jam 5.

Mengapa Pijat Dapat Meredakan Perut Kembung?

Pijat di atas dirancang untuk meredakan perut kembung pada bayi, karena bertujuan untuk membuat udara yang terperangkap bergerak ke seluruh tubuh. Mereka juga bisa sangat rileks, yang membuatnya bermanfaat meskipun tidak berhasil mencegah atau mengatasi gas.

Terlebih lagi, orang tua menemukan bahwa pijat membuat mereka lebih menikmati dalam merawat anak, terlepas dari apakah bayi mereka saat ini menderita perut kembung, kolik, atau kondisi bermasalah lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijat bayi dapat membantu meningkatkan kadar insulin atau aktivitas saraf vagus. Ini dapat mengurangi mobilitas lambung dan mendorong penyerapan nutrisi yang efisien.

Ada penelitian yang bertentangan untuk efek ini, tetapi para ahli percaya bahwa durasi pijat sebagai obat kembung bayi dapat memengaruhi kemanjurannya, baik dalam penelitian maupun masyarakat umum.

Bagaimana Mengetahui Jika Bayi Mengalami Perut Kembung?

Perut kembung adalah masalah umum pada bayi baru lahir, tetapi dapat berlanjut hingga masa kanak-kanak saat bayi mulai makan makanan padat.

Bagaimana gas bisa ada mungkin agak bergantung pada usia bayi, tetapi tanda-tanda umum termasuk melengkungkan punggung, menarik kaki ke atas perut, dan menggeliat secara umum.

Beberapa orang tua melaporkan bahwa tangisan bayi mereka terdengar berbeda saat mereka mengeluarkan gas dibandingkan saat mereka lapar atau popoknya kotor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Kensei Massage, Bisa Kami Bantu?