Pengertian Dan Manfaat Pijat Drainase Getah Bening

Pengertian Dan Manfaat Pijat Drainase Getah Bening

Pijat drainase getah bening telah menjadi bentuk pijat yang populer karena manfaat kesehatannya yang potensial. Pijat drainase ini khusus berfokus pada sistem limfatik, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan.

Jenis pijatan ini bertujuan untuk membantu tubuh menjaga sirkulasi darah, keseimbangan cairan tubuh, dan fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga : Apakah Pijat Kehamilan (Pregnant Massage) Aman Dan Bermanfaat?

Memahami Sistem Limfatik

Sistem limfatik mengandung pembuluh dan kelenjar getah bening, campuran protein, air, produk limbah, dan elemen sistem kekebalan. Terletak di seluruh tubuh, kelenjar getah bening menyaring semua kotoran ini.

Nodus terbesar ada di leher, selangkangan, dan ketiak. Mereka semua bekerja sama untuk memastikan getah bening yang “bersih” diangkut kembali ke pembuluh darah yang membawa darah menuju jantung.

Limfedema

Pijat drainase limfatik telah digunakan untuk penderita limfedema, yang melibatkan pembengkakan, umumnya di salah satu kaki atau lengan Anda.

Pembengkakan ini disebabkan oleh cairan getah bening yang terkumpul di jaringan lunak, akibat kelainan genetik, cedera, infeksi, pengobatan kanker, atau pembedahan. Gejala limfedema meliputi:

  • Rasa sakit
  • Perubahan warna kulit
  • Pembengkakan jaringan
  • Berat di tungkai
  • Kelemahan
  • Pengerasan atau penebalan kulit
  • Infeksi berulang

Manfaat Pijat Drainase Limfatik

‌Lymphedema dapat diobati dengan perban atau stoking kompresi yang ketat, tetapi pijat drainase limfatik manual dapat membantu meningkatkan manfaatnya.

Jika Anda mengalami limfedema setelah mastektomi, yang melibatkan pengangkatan jaringan payudara untuk mengobati atau mencegah kanker payudara, pijat drainase getah bening dapat membantu meringankan gejala ringan hingga sedang pasca operasi.

Baca Juga : Simak Penjelasan Manfaat Pijat Pasca Persalinan

Mengobati Kondisi Kesehatan Lainnya

Selain limfedema, pijat ini dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Beberapa kondisi bisa mendapatkan manfaat lebih dari pijatan daripada yang lain.

Penelitian telah menemukan bahwa pijat limfatik drainase mungkin bermanfaat untuk hal-hal berikut:

1. Artritis reumatoid

Jika Anda menderita rheumatoid arthritis, Anda mungkin mengalami aliran getah bening yang buruk saat penyakit berkembang. Seiring dengan pembengkakan jaringan, nyeri pada persendian meningkat, persendian kehilangan fungsinya, dan kulit berubah warna. Pijat drainase getah bening dapat membantu meringankan gejala rheumatoid arthritis stadium lanjut ini.

2. Insufisiensi vena kronis (CVI)

Insufisiensi vena kronis terjadi ketika katup atau dinding vena yang ada di kaki tidak berfungsi dengan benar. Hal ini membuat darah sulit mengalir kembali ke jantung dari kaki. Pijat drainase limfatik dapat membantu meningkatkan kecepatan aliran darah pada penderita CVI.

Pijatan dapat membuat arteri femoralis arteri besar di paha bekerja lebih baik segera setelah sesi pemijatan. Tidak jelas berapa lama dampak ini berlangsung, atau apakah pijatan memberikan kelegaan jangka panjang dari rasa sakit dan bengkak.

Penelitian lebih lanjut di bidang ini akan membantu menjelaskan keefektifan teknik pijat ini pada CVI.

‌3. Fibromyalgia

Pijat drainase getah bening dapat membantu penderita fibromyalgia. Kondisi ini menyebabkan peradangan pada saraf kulit, perubahan warna kulit, dan pembengkakan jaringan.

Pijat telah terbukti lebih baik daripada pijat jaringan ikat dalam mengobati depresi, kekakuan, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang hidup dengan fibromyalgia.

Baca Juga : Mengenal Pijat Thai Massage Dan Manfaat Thai Massage

Jenis Pijat Drainase Limfatik

Pijat Drainase

Ada empat jenis pijat drainase limfatik yang biasa digunakan oleh terapis pijat, terapis fisik, dan dokter.

  • Vodder

Teknik dasar ini menggunakan berbagai gerakan menyapu di sekitar area yang dirawat oleh terapis.

  • Foldi

Sebagai tambahan dari teknik Vodder, Foldi membutuhkan terapis pijat untuk bergantian antara gerakan tangan melingkar dan saat-saat relaksasi.

  • Casley-Smith

Pendekatan pijat limfatik ini juga melibatkan gerakan tangan melingkar, terutama menggunakan sisi dan telapak tangan.

  • Leduc

Teknik ini mengandalkan gerakan tangan untuk mengumpulkan cairan getah bening sebelum dialihkan untuk reabsorpsi ke dalam sistem limfatik yang lebih besar.

Semua teknik ini berfungsi dengan prinsip yang sama. Mereka semua menggunakan gerakan lembut untuk meregangkan kulit ke arah aliran getah bening.

Metode harus dimulai dari bagian tungkai yang paling dekat dengan batang tubuh dan bergerak ke luar. Prosedur ini biasanya berlangsung antara 15 hingga 60 menit.

Baca Juga : Pijat Swedia, Manfaat Dan Teknik Yang Digunakan

Apa Yang Terjadi Selama Pijat Drainase Getah Bening?

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mendapatkan pijat drainase limfatik, dan pastikan Anda menerima perawatan dari yang ahli dan profesional. Terapis pijat akan mengikuti urutan tertentu, menggunakan serangkaian teknik pijat, termasuk gerakan peregangan, kompresi, dan bekam.‌

Gerakan ritmis ringan menstimulasi sistem limfatik tanpa menekan kuat pembuluh darah. Mereka membuat cairan getah bening bergerak dengan mudah melalui kelenjar dan jaringan, memastikan cairan tidak terperangkap di mana pun.

Pijat drainase getah bening adalah teknik yang berguna untuk mengobati limfedema dan kondisi kesehatan lainnya. Jika Anda memiliki gejala cairan getah bening yang terperangkap di tubuh, bicarakan dengan dokter Anda tentang manfaat pijat jenis ini.

RELAX ENJOY AND HEALTHY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Kensei Massage, Bisa Kami Bantu?