Pengobatan Alternatif Untuk Masalah Tidur (Insomnia)

Pengobatan Alternatif Untuk Masalah Tidur (Insomnia)

Pengobatan Alternatif Untuk Masalah Tidur – Perawatan kesehatan tanpa praktek klinis konservatif dikatakan sebagai terapi “alternative” atau “pendamping”, walau pengertian mengenai penyembuhan komplementer memperlihatkan jika penyembuhan itu dipakai bersamaan dengan perawatan konservatif.

Penyembuhan alternative meliputi bermacam pengetahuan yang meliputi segalanya dimulai dari pola makan dan olahraga, sampai keadaan psikis dan perubahan gaya hidup. Contoh terapi alternative yaitu akupunktur, yoga, biofeedback, wewangian atoma terapi, rileksasi, penyembuhan herbal, pijat, dan sebagainya.

Pada masalah tidur, beberapa terapi pendamping dan alternative yang dipakai seperti suplemen, rileksasi dan meditasi, akupunktur, dan olahraga.

Baca Juga : Apa Itu Pijat Refleksi? Pengertian Dan Manfaat Pijat Refleksi

Terapi Alternatif Untuk Masalah Tidur

1. Akupunktur

Akupunktur kerap dipakai dalam penyembuhan tradisional Tiongkok untuk penyembuhan insomnia dan masalah tidur lainnya. Proses ini menggunakan jarum yang ditusuk ke beberapa titik tertentu untuk memengaruhi peranan tubuh.

2. Rileksasi dan Meditasi

Ketegangan otot dan banyak pikiran kerap mengganggu tidur Anda. Oleh karenanya, tidak heran jika teknik yang digunakan untuk mengurangi otot yang tegang dan menentramkan pikiran adalah rileksasi dan meditasi.

Banyak orang bisa pelajari beberapa teknik ini, tapi umumnya diperlukan waktu beberapa minggu saat sebelum mereka bisa menguasainya dengan cukup bagus untuk menolong menurunkan insomnia.

Ada banyak bukti jika meditasi baik dalam menyembuhkan insomnia. Riset memperlihatkan jika meditasi teratur akan hasilkan kandungan melatonin pada darah yang berfungsi pengontrol tidur yang penting.

Baca Juga : Terbukti Ampuh Penyembuhan Alternatif Untuk Stres

3. Perawatan Herbal

Chamomile dan passionflower ialah ramuan yang umum dipakai dalam penyembuhan insomnia. Walau tidak ada peniliti medis tentang efek samping jika pemakaian jangka panjang, namun ada obat penenang yang lebih ringan yang bisa membantu masalah tidur dalam jangka pendek.

Herbal lain yang digunakan sebagai obat tidur adalah hop, ginseng, lemon kopiah, dan balm. Pemerintahan Jerman sudah menyepakati ramuan (valerian, hop, dan lemon balm) untuk menangani permasalahan insomnia.

Tetapi, study medis untuk menilai keefektifan dan keamanan jamu masih langka, dalam beberapa kasus, ada bukti pemakaian jamu tradisionil cukup ampuh untuk masalah insomnia.

4. Olahraga

Olahraga teratur bisa membantu masalah tidur Anda, beberapa riset memperlihatkan jika olahraga bisa tingkatkan kualitas tidur pada lansia.

Study terkini memperlihatkan jika tai chi rendah sampai sedang bisa tingkatkan kualitas tidur untuk orangtua, sementara latihan yoga Tibet bisa membantu pasien kanker dengan permasalahan sulit tidur.

Walau olahraga teratur sudah bisa dibuktikan mampu tingkatkan kualitas tidur, sejumlah ahli merekomendasikan untuk melakukan olahraga minimal tiga sampai empat jam saat sebelum jam tidur untuk menghindar masalah insomnia.

Baca Juga : Ketahuilah Pengobatan Alternatif Untuk Sakit Kepala

Peringatan Mengenai Terapi Alternatif

Terapi alternatif bisa saja berakibat semakin memburuk keadaan jika tidak tepat dalam melakukannya. Terutama, tentang beberapa produk herbal yang bisa berhubungan dengan obat yang lain saat Anda minum.

Pikirkan beberapa hal berikut saat sebelum mengawali terapi alternatif;

  • Selalu konsultasikan dengan dokter Anda saat sebelum mencoba menggunakan terapi alternatif, dan beritahu dokter Anda perawatan alternatif apa yang Anda gunakan.
  • Bila Anda alami efek samping seperti mual, muntah, detak jantung cepat, resah, diare, maka hentikan pemakaian produk herbal dan selekasnya beritahu dokter Anda.
  • Cermati produk herbal yang Anda gunakan, cari sumber info berbasiskan ilmiah. Tentukan merk dengan hati-hati. Belilah merk yang memberikan nama umum dan ilmiah dari ramuan itu, nama dan alamat produsennya, nomor batch dan lotnya, tanggal kedaluwarsa, kadar jumlah, dan efek sampingnya.

Itulah beberapa terapi alternatif untuk masalah tidur Anda, semoga manfaat dan semoga Anda senatiasa sehat selalu. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Kensei Massage, Bisa Kami Bantu?