Insomnia? Inilah Penyebab Dan Resiko Yang Terjadi

Apa itu insomnia? Insomnia adalah suatu gejala atau kebiasaan susah tidur yang sering di alami sebagian orang. Insomnia bisa memengaruhi kehidupan dalam keseharian Anda, jika Anda kesusahan tidur segera perbaiki pola hidup Anda, karena Insomnia itu bisa mempengaruhi kesehatan dan keproduktifan keseharian Anda secara keseluruhan.

Insomnia

Bila Anda menanggung derita insomnia, dokter Anda bisa menolong Anda ketahui tipe insomnia yang Anda alami. Insomnia primer ialah insomnia yang bukan tanda-tanda dari keadaan lain. Insomnia dapat menjadi kronis atau akut. Insomnia kronis biasanya berjalan sekian hari, atau minggu, dan insomnia akut ialah keadaan periode panjang.

Bila insomnia Anda datang dari keadaan tertentu (banyak pikiran/depresi), itu disebutkan insomnia sekunder. Ini ialah tipe susah tidur yang umum dan biasa terjadi. Namun ini dapat menjadi kronis atau akut. Beberapa pemicu umum dan resiko faktor insomnia sekunder ialah seperti berikut.

Pemicu Dan Faktor Resiko Insomnia

1. Tanda-tanda Stres

Stres ialah sumber umum insomnia. Ini karena mungkin ketidakseimbangan kimia di otak yang mempengaruhi jadwal tidur. Berganti-gantian, Anda kemungkinan terlampau ketekan oleh ketakutan atau pemikiran yang mengusik, yang bisa menahan Anda untuk memperoleh tidur malam yang bagus.

Insomnia menjadi tanda-tanda umum dari masalah suasana hati yang lain. Masalah bipolar, kekhawatiran , atau masalah depresi pasca-trauma semua bisa mengakibatkan permasalahan tidur. Dan Anda ketahui terapi pijat cara ampuh untuk menghilangkan stres yang mungkin sedang Anda derita.

2. Depresi Dan Kekhawatiran

Kekuatiran bisa membuat pemikiran Anda masih tetap aktif pada malam hari. Permasalahan pada tempat kerja atau sekolah atau mungkin dengan keluarga bisa membuat Anda kuatir. Ini bisa membuat Anda susah atau mustahil untuk tidur. Kejadian traumatis seperti kematian orang yang disayangi, perpisahan, atau kehilangan tugas kerap kali mengakibatkan depresi dan kekhawatiran yang tahan lama. Keadaan ini bisa mengakibatkan susah tidur akut.

3. Zat Menambah Stimulasi

  • Minuman ini kerap memiliki kandungan cafein, yang menggairahkan otak:
  • Kopi
  • Teh
  • Minuman Enteng
  • Minuman Tambah energi

Stimulan ini bisa mengusik tidur. Minum kopi pada sore hari dapat membuat Anda tidak mengantuk pada malam hari. Nikotin dalam tembakau ialah stimulasi yang lain bisa menghalangi tidur.

Alkohol ialah obat penenang yang dapat menolong Anda tertidur sebelumnya, tapi alkohol akan menahan tahapan tidur yang lebih dalam dan membuat Anda terumbang-ambing. Tingkatan tidur pulas dibutuhkan untuk beristirahat cukup.

4. Konsumsi Obat-Obatan

Beberapa obat bebas bisa mengakibatkan insomnia. Obat ngilu, dekongestan, dan produk penurun berat tubuh bisa memiliki kandungan cafein atau stimulasi yang lain. Antihistamin kemungkinan membuat Anda mengantuk sebelumnya, tapi mereka bisa mengakibatkan kerap buang air kecil, yang selanjutnya bisa mengusik tidur dengan mengakibatkan semakin banyak perjalanan malam hari ke kamar mandi.

Banyak obat resep bisa mengusik jadwal tidur Anda. Ini bisa meliputi:

  • Antidepresan
  • Obat Jantung Dan Penekanan Darah
  • Obat Alergi
  • Stimulasi

5. Jalinan Suami Istri

Wanita 2x memungkinkan alami insomnia dibanding pria. Perubahan hormon sepanjang transisi menstruasi dan menopause dipandang bertanggungjawab atas susah tidur.

Insomnia umum terjadi sepanjang waktu mendekati menopause, dikatakan sebagai perimenopause, saat keringat malam dan hot flashes biasanya mengusik tidur. Beberapa pakar yakin jika kekurangan estrogen bisa mengakibatkan kesusahan tidur pada wanita pascamenopause.

6. Keadaan Klinis

Beberapa keadaan klinis bisa mengakibatkan insomnia. Permasalahan tidur dihubungkan dengan keadaan klinis akut atau tanda-tandanya, misalnya:

  • Sakit Akut
  • Kesusahan Bernafas
  • Apnea Tidur
  • Radang Persendian
  • Diabetes
  • Penyakit Kardiovaskular
  • Kegemukan
  • Kanker
  • Kerap Buang Air Kecil
  • Penyakit Refluks Gastroesofagus
  • Tiroid Yang Terlampau Aktif
  • Mati Haid

7. Dampak Umur

Insomnia bertambah bersamaan pertambahan umur saat jadwal tidur Anda berbeda. Orang dewasa yang lebih tua kerap alami permasalahan dengan tidur yang terus-menerus sepanjang masa delapan jam. Mereka kemungkinan perlu tidur siang pada siang hari untuk memperoleh delapan waktu tidur yang direferensikan sepanjang masa 24 jam.

Menurut Mayo Clinic , beberapa prediksi memperlihatkan jika nyaris 1/2 dari semua wanita dan pria di atas 60 tahun alami tanda-tanda insomnia.

8. Terjadi Peralihan Lingkungan

Kerja shift atau perjalanan jarak jauh bisa mempengaruhi irama sirkadian badan Anda. Ini ialah transisi biokimia, fisiologis, dan sikap 24 jam yang dikuasai oleh pancaran cahaya matahari. Irama ini ialah jam intern Anda. Ini atur transisi tidur, temperatur badan, dan metabolisme.

9. Tubuh Kegemukan

Menurut Pusat Pengaturan dan Penangkalan Penyakit, masalah tidur berkaitan dengan kegemukan. Orang dewasa yang tidur kurang dari 6 jam per malam mempunyai tingkat kegemukan 33 %.

Tingkat kegemukan untuk mereka yang tidur tujuh sampai delapan jam per malam ialah 22 %. Mereka mendapati skema ini baik pada pria atau wanita dan di semua umur dan barisan etnis.

10. Rutinitas Tidur

Cemas mengenai kurang cukup tidur bisa mengakibatkan semakin banyak kekurangan tidur. Bila ini terjadi pada Anda, coba mengganti kegiatan rutin jam tidur Anda yang umum. Turuti panduan ini:

  • Mandi Rileks.
  • Dengar Musik Yang Menentramkan.
  • Jauhi Melihat TV Atau Bekerja Di Tempat Tidur.
  • Upayakan Untuk Tidak Makan Pas Saat sebelum Tidur Karena Badan Akan Repot Dengan Pencernaan Saat Semestinya Tidur. Makan Pas Saat sebelum Tidur Dapat Memacu Mulas.

Baca Juga : Tanpa Obat Tidur, Pijat Mampu Mengatasi Insomnia

11. Masalah Tidur

Masalah tidur yang biasa, seperti sindrom kaki Kram, bisa mengusik tidur. Ini ialah kesan merayap pada bagian bawah kaki yang cuman dapat ditiadakan dengan pergerakan. Sleep apnea ialah masalah pernafasan yang diikuti dengan dengkuran keras dan interval singkat dalam bernapas.

Ringkasan

Apa insomnia Anda kronis atau akut, turunkan berat tubuh bila berat badan Anda berlebih atau kegemukan, mengaplikasikan kegiatan rutin tidur yang sehat, dan menghindar pemakaian stimulasi yang terlalu berlebih semua bisa menolong Anda memperoleh tidur malam yang pulas dan lebih baik.

Bahas permasalahan tidur Anda sama dokter Anda, evaluasi keadaan klinis Anda dan beberapa multivitamin sama mereka untuk mengatasi permasalahan maupun mencegah insomnia. Bisa juga mencari pengobatan alternatif untuk masalah tidur Anda. Supaya membikin Anda selalu beristirahat dengan aman dan nyaman pada malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Kensei Massage, Bisa Kami Bantu?