Pijat Swedia, Manfaat Dan Teknik Yang Digunakan

Pijat Swedia, Manfaat Dan Teknik Yang Digunakan

Pijat Swedia adalah salah satu jenis pijat paling umum yang bisa Anda dapatkan. Pijat ini dilakukan untuk memberi energi pada tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Jenis pijatan ini melibatkan tindakan seperti perkusi, menguleni, menggetarkan, mengetuk, dan menggulung. Minyak pijat atau cream lotion digunakan untuk mempermudah proses pemijatan dan melindungi kulit dari gesekan tangan.

Pijat Swedia

Baca Juga : Massage Terapi, Jenis Pijat Dan Segudang Manfaatnya

Manfaat Kesehatan Dari Pijat Swedia

Pijat adalah cara yang bagus untuk bersantai dan melepas lelah. Pijat melibatkan manipulasi otot dan persendian untuk menghilangkan stres atau nyeri. Ini dicapai dengan mengendurkan otot yang tegang dan meningkatkan sirkulasi darah.

Pijat Swedia juga bisa bermanfaat bagi jantung Anda. Seorang tukang pijat (orang yang melakukan pijatan) memanipulasi jaringan lunak tubuh (otot, tendon, ligamen dan pembuluh darah) dan menggunakan pukulan-pukulan ringan yang mengalir ke jantung, meningkatkan sirkulasi darah.

Pijat Swedia dapat membantu mengurangi gejala depresi, stres, dan kecemasan. Beberapa gejala yang dapat ditangani dengan terapi pijat antara lain nyeri punggung, sakit kepala, masalah otot, dan nyeri kronis lainnya.

Pijat juga dikaitkan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Ini dapat membantu Anda dalam mengelola kondisi seperti flu biasa, asma, diabetes, dan kanker payudara.

Selain dampak kesehatan positif yang disebutkan di atas, pijat Swedia juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Stimulasi saraf

Dengan memberikan tekanan dan memanipulasi otot, pijatan Swedia membantu merangsang saraf yang terletak di berbagai bagian tubuh. Saraf dapat dirangsang dengan cara yang membantu mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan.

  • Penguat mood

Pijat telah terbukti meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan oksitosin. Hormon-hormon ini bekerja untuk menstabilkan suasana hati Anda, membantu Anda merasa bahagia dan positif. Pijat Swedia juga dapat bertindak untuk mengurangi produksi kortisol, hormon penyebab stres.

  • Pereda ketegangan

Juga dikenal sebagai adhesi, simpul bisa sangat menyakitkan. Pijat Swedia menghangatkan otot dan memecah tempat yang mengikat dan mengurangi ketegangan yang terkumpul di simpul. Jika Anda mengalami kasus perlengketan parah, pertimbangkan jenis pijat lain yang lebih intens.

  • Drainase getah bening

Drainase limfatik terjadi secara alami saat Anda menggunakan otot untuk bekerja. Namun, jika karena alasan apa pun Anda tidak bergerak atau menggunakan otot, cairan limfatik dapat menumpuk. Ini dapat menyebabkan penumpukan racun. Pijat Swedia dapat membantu mengatasi masalah ini.

  • Meningkatkan fleksibilitas

Pijat membantu mengendurkan otot dan persendian Anda. Ini meningkatkan rentang gerak Anda, yang pada gilirannya meningkatkan kemampuan peregangan Anda.

Baca Juga : Mengenal Sport Massage, Pijat Untuk Menangani Cedera Saat Olahraga

Teknik Pijat Swedia

Pijat Swedia menggabungkan berbagai teknik pijat untuk memberikan dan meningkatkan penyembuhan.

  • Effleurage

Effleurage digunakan di awal pijatan sebagai pemanasan dan di akhir sesi untuk menenangkan otot. Teknik ini melibatkan gerakan lembut melingkar atau meluncur. Tukang pijat menerapkan tingkat tekanan yang berbeda pada tubuh untuk melonggarkan simpul. Ini juga membantu meredakan ketegangan.

Ada tiga kelas effleurage, masing-masing berdasarkan jumlah tekanan yang digunakan terapis pijat kensei massage. Kelas-kelas ini adalah bulu membelai, effleurage dangkal, dan effleurage lebih dalam. Tingkat tekanan yang diberikan tergantung pada kebutuhan individu yang menerima pijatan.

  • Petrissage

Teknik ini terdiri dari gerakan menguleni yang lebih dalam. Tukang pijat secara manual mengompres jaringan lunak Anda secara ritmis. Cara paling umum untuk melakukan petrissage termasuk menguleni, memeras, menggulung, dan mengangkat.

Petrissage membantu meregangkan dan mengendurkan otot serta meningkatkan sirkulasi darah. Melakukan petrissage membutuhkan waktu paling lama dalam pijatan Swedia. Ini yang terbaik untuk orang dengan cedera otot karena memberikan banyak manfaat terapeutik

  • Tapotement

Kata tapotement berarti mengetuk atau menabuh. Pemijat menggunakan ketukan ritmis untuk merangsang aliran darah ke seluruh tubuh.

Tapotement melibatkan tindakan seperti memalu, menampar, menangkup, meretas, dan mengetuk. Tapotement meningkatkan produksi endorfin, yang membantu tubuh untuk rileks. Teknik ini melemaskan otot yang tegang dan membantu drainase limfatik.

  • Gesekan

Seperti namanya, teknik ini melibatkan penggosokan pada area pijatan menggunakan ibu jari atau jari tangan. Pemijat mungkin memberikan tekanan dalam ritme melingkar atau linier, menggosok area yang sakit untuk melembutkan dan menyetel kembali otot. Teknik ini bekerja paling baik pada persendian.

  • Getaran

Teknik ini melibatkan pengocokan ritmis pada area pijat. Dengan melakukan itu, tubuh menjadi rileks dan nyaman. Pemijat mungkin menggunakan telapak tangannya untuk mengguncang kulit dan otot punggung Anda.

Jika area pijat kecil atau sensitif, seperti wajah Anda, mereka mungkin menggunakan jari-jarinya. Getaran bekerja paling baik untuk menenangkan saraf di area dengan bekas luka atau simpul besar.

Baca Juga : Apa Itu Pijat Refleksi? Inilah Dasar Pijat Refleksi Yang Harus Anda Diketahui

Haruskah Anda Melakukan Pijat Swedia?

Pijat banyak digunakan sebagai perawatan pelengkap untuk berbagai kondisi. Manfaat fisiologis dan psikologis dari pijatan tidak terhitung banyaknya. Terapi pijat tidak hanya membantu orang yang berurusan dengan kondisi kesehatan, itu juga dianjurkan untuk individu sehat dan bugar secara fisik.

Pijat Swedia akan membantu Anda merasa lebih baik, apakah Anda merasa sakit dan nyeri atau hanya ingin bersantai. Anda bisa mencoba pijat swedia. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Kensei Massage, Bisa Kami Bantu?