Apakah Pijat Kehamilan (Pregnant Massage) Aman Dan Bermanfaat?

Apakah Pijat Kehamilan (Pregnant Massage) Aman Dan Bermanfaat?

Anda kemungkinan memandang pijat sebagai kemewahan untuk dilakukan disela-sela kesibukan Anda. Tapi salah satu waktu paling berguna dan bermanfaat untuk pijat kemungkinan saat sepanjang kehamilan Anda.

Apa Itu Pijat Kehamilan?

Pijat kehamilan ialah istilah umum untuk pijat langsung sepanjang atau sesudah kehamilan (pijat prenatal atau postnatal). Pijat ibu hamil umumnya berjalan sepanjang kurang lebih satu jam.

Beberapa terapis memakai meja pregnant massage. Itu ialah meja yang dibuat untuk pijat hamil. Lainnya memakai bantal atau guling khusus untuk menempatkan ibu hamil dengan nyaman disamping mereka. Ini membantu khususnya sepanjang tahap akhir kehamilan. Tiduran miring adalah yang paling nyaman.

Manfaat Pijat Kehamilan

Hanya tersedia sedikit riset kecil yang fokus pada pijat kehamilan. Tidak ada fungsi dan manfaat pasti yang diputuskan. Tapi satu study di “University of Miami School of Medicine” memperlihatkan jika terapi pijat kemungkinan mempunyai banyak dampak positif bagi ibu hamil. Diantaranya;

  • Turunkan kekhawatiran
  • Kurangi Nyeri punggung
  • Tidur lebih nyenyak
  • Pengurangan kandungan hormon depresi norepinefrin

Dalam study lain mengenai pijat wanita hamil yang alami stres, beberapa periset mendapati:

  • Kenaikan kandungan hormon serotonin dan dopamin
  • Berkurangnya kandungan kortisol
  • Kenaikan mood secara keseluruhannya

Riset sudah memperlihatkan jika pijat mempunyai manfaat prospektif lainnya. Ini bisa kurangi rasa sakit, atau bisa tingkatkan kekuatan mekanisme sistem imun untuk melawan berbagai jenis penyakit dan virus.

Baca Juga : Simak Penjelasan Manfaat Pijat Pasca Persalinan

Tehnik Aman untuk Pijat Kehamilan

Ada lebih dari 80 jenis pijat yang diberikan di seputar 1.300 program terapi pijat di A.S. Contoh jenis pijat yang biasa mencakup:

  1. Pijat jaringan dalam, dengan pergerakan kuat mendesak jauh ke otot
  2. Pijat Swedia, dengan pergerakan panjang ke otot dan perhatian pada mobilisasi persendian
  3. Shiatsu, dengan penekanan dan ketukan di titik akupresur untuk menggairahkan energi alami badan (disebutkan qi)

Dilihat dari secara ilmiah, proses yang membuat terapi pijat bekerja dengan jumlah besar belum juga dijumpai. Dibutuhkan semakin banyak riset untuk pahami bagaimana mengaplikasikan bermacam jenis penekanan dalam tubuh bisa untuk

  1. Menurunkan ngilu
  2. Merangsang pelepasan hormon tertentu seperti serotonin
  3. Benahi tidur
  4. Merangsang tanggapan fisiologis rileksasi

Ahli pijat kehamilan sesuaikan tehnik mereka untuk menangani pengubahan yang dirasakan tubuh wanita sepanjang kehamilan. Misalkan, volume darah bertambah sekitar 50% sepanjang kehamilan. Saluran darah ke kaki sering jadi lamban. Dan tingkat antikoagulan pada darah yang berfungsi menahan pendarahan sepanjang persalinan bertambah secara alami.

Pengubahan peredaran darah ini membuat wanita hamil beresiko alami pembekuan darah di kaki sisi bawah, umumnya di betis atau paha sisi dalam.

Untuk amannya, ahli pijat ibu hamil menghindari pijatan dalam dan penekanan kuat pada kaki. Memakai penekanan kuat dapat keluarkan pembekuan darah.

Kebalikannya, mereka memakai pergerakan yang paling ringan dan lembut pada kaki. Jenis pijatan yang perlu dijauhi pada kaki terhitung pijatan jaringan dalam, akupresur, shiatsu. Penekanan yang paling ringan pada perut sangat dianjurkan, tapi beberapa terapis pijat menghindari memijat perut.

Baca Juga : Mengenal Pijat Thai Massage Dan Manfaat Thai Massage

Pijat Kehamilan

Apakah Pijat Ibu Hamil Aman?

Beberapa dokter tidak merekomendasikan pijatan sepanjang kehamilan karena takutnya terapis belum mendapatkan pelatihan yang cukup. Ada pula kekurangan standard sertifikasi secara nasional.

Ini khususnya berlaku untuk spesialis pijat kehamilan. Tidak seluruhnya negara mempunyai undang-undang yang mengharuskan training minimal yang dianjurkan untuk terapis pijat.

Belum lagi terapi pijat sepanjang kehamilan belum didalami secara ketat dan khusus dengan sistem riset medis berkualitas tinggi. Salah satu sektor pro dan kontra ialah apa aman untuk dipijat sepanjang trimester pertama.

Banyak terapis pijat tidak memberi pijat kehamilan sepanjang trimester pertama. Pemicunya ialah keguguran. Beberapa ahli pregnant massage memiliki pendapat jika pijat pada ibu hamil tidak sendirinya mengakibatkan keguguran, tapi tidak ada riset yang dilakukan untuk memperlihatkan jalinan di antara keguguran dan pijat.

Karena banyak keguguran terjadi pada trimester pertama, beberapa terapis pijat dan dokter merekomendasikan tidak untuk lakukan pijat pada trimester pertama.

Dikutip dari sumber “alodokter.com”, dianjurkan pijat ibu hamil diawali sesudah umur kehamilan 3 bulan atau masuk trimester ke-2 . Lantas, jauhi kembali pijat hamil saat umur kehamilan telah makin dekati waktu persalinan, yakni 8 bulan ke atas. Ini karena pijatan kemungkinan bisa percepat proses persalinan

“National Center for Complementary and Alternatif Medicine” merekomendasikan semua wanita hamil untuk konsultasi sama dokter mereka saat sebelum coba pijat.

Kapan Pijat Hamil Tidak Boleh Dilakukan?

Karena riset mengenai pijat kehamilan masih tetap sedikit, banyak dokter merekomendasikan pendekatan konvensional. Mereka bahkan bisa saja merekomendasikan semua wanita hamil untuk menghindari pijatan. Tidak ada dasar yang disetujui secara ilmiah. Yakinkan Anda memperoleh ijin dari dokter saat sebelum coba pijat hamil, terlebih bila:

  • Anda alami mual, muntah, atau mual pada pagi hari
  • Anda beresiko tinggi alami keguguran
  • Anda alami kehamilan beresiko tinggi seperti solusio plasenta (di mana plasenta sedikit lepas dari dinding kandungan) atau persalinan prematur

Seorang terapis pijat kemungkinan membutuhkan kesepakatan tercatat dari dokter Anda dan pembebasan tanggung jawab dari Anda saat sebelum lakukan pijat kehamilan.

Baca Juga : Pijat Swedia, Manfaat Dan Teknik Yang Digunakan

Bagaimana Terapis Pijat Kehamilan Dilatih?

Umumnya program training terapi pijat memerlukan kurang lebih 500 jam pengajaran. Pelatihan itu kemungkinan terhitung atau mungkin tidak terhitung training khusus dalam pijat kehamilan.

Kelas pengajaran jangka panjang yang berspesialisasi dalam pijat ibu hamil benar-benar bervariatif dalam soal berapa banyak training dan pengalaman langsung yang diberikan.

Cari terapis pijat lewat salah satu Kensei massage yang latih dan menetapkan terapis pijat. Anda bisa mengontak Kensei Massage. Saat sebelum melakukan pijat kehamilan, tanyakan terlebih dahulu mengenai training dan pengalaman detail terapi dalam pregnant massage. Seorang dokter, bidan, atau ahli tulang kemungkinan dapat mereferensikan terapis pijat yang berkompetensi di wilayah Anda.

RELAX ENJOY AND HEALTHY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Kensei Massage