Pijat Prenatal dan Cara Lain Mengatasi Nyeri Kehamilan

Pijat Prenatal – Sakit punggung, sindrom karpal, linu dipanggul, kaki terasa sakit, insomnia dan rasa sakit dikepala merupakan keluhan yang sering dirasakan dimasa kehamilan. Keadaan ini berjalan cukup lama, sehingga sulit bagi calon ibu untuk menemukan rasa nyaman dengan mudah.

Pijat Prenatal

Kehamilan juga tampaknya sering datang dengan hal-hal yang tidak biasa (Nyidam) seperti makan makanan yang tidak biasa di makan sehari-hari.

Kemungkinan besar bahwa apa pun yang Anda lakukan untuk menghindari rasa sakit dan nyeri sebelum bayi lahir sulit. Tapi untungnya ada yang namanya pijat prenatal yang bisa menjadi pilihan untuk mengurangi dan meredakan nyeri yang Anda rasakan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pijat dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kehamilan, serta meningkatkan kesejahteraan emosional dengan meredakan depresi, insomnia, dan kecemasan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Expert Review Obstetrics Gynecology”, pijat sebenarnya dapat digunakan selama persalinan tidak hanya untuk mengurangi nyeri persalinan, tetapi juga mengurangi durasi persalinan rata-rata tiga jam. Penting untuk dicatat, bahwa pijat prenatal berbeda dari pijat tradisional dalam beberapa hal.

Apa yang Terjadi Selama Pijat Prenatal?

Proses Pemijatan Prenatal Massage

Ibu hamil biasanya berbaring miring di atas meja pijat, sementara bantal yang dirancang khusus menopang berat badannya. Beberapa praktisi terapis pijat prenantal menggunakan meja pijat kehamilan yang memiliki potongan/lipatan di tengah untuk menggantung perut, memungkinkan klien untuk berbaring tengkurap.

Ayu Ningrum, ibu dari seorang anak berusia 23 bulan, mendapatkan pijat prenatal selama kehamilannya dan mencoba posisi samping dengan menggunakan meja potong. “Potongannya pasti lebih baik, tetapi lebih sulit ditemukan,” katanya. Berat rahim yang berat menarik ke bawah dapat memberi tekanan ekstra pada punggung, jadi ini mungkin bukan pilihan yang baik untuk beberapa orang.

Selama pijatan prenatal massage itu sendiri, terapis mungkin fokus pada punggung bawah, di mana banyak wanita hamil mengalami rasa sakit. Itu sering disebabkan oleh hormon kehamilan yang mengendurkan ligamen di tulang belakang untuk mempersiapkan tubuh untuk persalinan. Atau terapis dapat berkonsentrasi pada kepala, leher, dan bahu untuk meredakan sakit kepala.

Pijat Prenatal dan Bayi

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Obstetrics and Gynecology, 26 wanita hamil ditugaskan untuk terapi pijat atau terapi relaksasi selama lima minggu. Setiap kelompok diberikan 20 menit terapi pijat atau terapi relaksasi dua kali seminggu.

Pada kelompok terapi pijat, para wanita memiliki lebih sedikit komplikasi selama persalinan dan bayi mereka cenderung tidak prematur. Ini adalah penelitian kecil, tetapi dan penelitian lain menunjukkan bahwa pijat dapat bermanfaat bagi bayi.

Pertimbangan Khusus Proses Pemijatan

Terapis menangani area tertentu dengan lebih hati-hati daripada yang lain. Perut misalnya. Mereka mungkin tidak menyentuh perut sama sekali selama pijat prenatal. Jika ya, mereka akan menggunakan tekanan ringan dan melakukan pukulan berirama lambat pada area sensitif.

Mereka juga sangat berhati-hati dengan kaki. Karena aliran darah ke kaki melambat selama kehamilan dan jumlah antikoagulan dalam darah meningkat untuk mempersiapkan tubuh untuk melahirkan, wanita hamil dapat dengan mudah mengalami pembekuan darah di kaki mereka.

Terapis pijat tahu untuk menggunakan sapuan ringan dan lambat pada kaki, bukan tekanan keras, agar tidak mengeluarkan gumpalan darah. Sebelum mendapatkan pijatan selama kehamilan, wanita harus memeriksakan diri ke dokter.

Pijat Prenatal Di Rumah

Wanita hamil yang tidak bisa menyempatkan diri untuk melakukan pijat prenatal di spa bisa meminta pasangannya untuk memijat apa saja yang terasa sakit. Sentuhan dari orang lain, terutama orang yang dicintai, dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin.

Tias Ayu, yang putrinya berusia 20 bulan dan saat ini sedang mengandung putri keduanya, senang suaminya menyentuh punggung bagian bawahnya dengan lembut. “Dia kebanyakan menggaruk dan menggosok, karena jika dipijat bagi saya kadang bisa membuatnya lebih sakit jika tidak dilakukan dengan benar.”

Namun, kami lebih merekomendasikan untuk melakukan pijat prenantal kepada terapis yang memang sudah ahlinya untuk di panggil kerumah Anda. Seperti terapis Kensei Massage yang sudah ahli dan mengusai dalam pijat prenantal ini.

Tips Meredakan Nyeri Kehamilan Selain Pijat Prenantal

Pijat Kehamilan sendiri juga dapat membantu ibu hamil lebih rileks. Sambil membelai dari bagian bawah perut ke atas ke arah jantung, oleskan pelembab seperti Oil Massage atau minyak kelapa untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal, dan bisa membantu mencegah stretch mark.

Kami menyurvei ibu baru untuk mengetahui bagaimana mereka mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat hamil. Inilah yang mereka rekomendasikan:

Yoga Prenatal

1. Peregangan dalam yoga prenatal

Beberapa ibu beralih ke yoga prenatal selama kehamilan mereka. Dian ayunda, yang memiliki seorang putra berusia 18 bulan, mengatakan: “Semua terasa sangat santai, otot-otot meregang, terasa seperti saya membuat lebih banyak ruang untuk bayi begitu saya meninggalkan setiap kelas. Itu menghilangkan linu panggul saya juga, jadi sangat sangat melegakan.”

2. Pergi jalan-jalan

Selain menyuruh suaminya menggosok punggungnya, Tyas Ayu juga sering jalan-jalan. “Aku tidak bisa duduk diam terlalu lama dengan keadaan ini, dia selalu bergerak!” Yang lain setuju bahwa berjalan benar-benar membantu mereka merasa lebih baik.

3. Mandi air hangat

“Saya mandi air hangat hampir setiap malam,” kata Indah, ibu dari anak perempuan berusia 12 bulan. “Itu membantu meringankan ketidaknyamanan saya untuk sementara.”

4. Persediaan pada peralatan khusus

Beberapa ibu memuji kawat gigi fleksibel yang mendukung perut tumbuh dan mengurangi tekanan dari punggung bawah. Indah akan duduk di atas bola olahraga di malam hari, meninggalkan sofa sambil menonton TV untuk membantu meringankan beberapa tekanan ke bawah yang disebabkan oleh bayinya yang duduk rendah.

Tapi dia sangat menyukai Snoogle, sejenis bantal tubuh berkontur. “Ini adalah ciptaan terbesar sepanjang masa untuk wanita hamil. Saya tidak bisa tidur tanpanya,” tuturnya.

Dan jangan lupa bahwa tubuh juga membutuhkan perawatan ekstra selain pijat prenantal setelah melahirkan. Kensei Massage merekomendasikan untuk mendapatkan pijatan setelah melahirkan. ini bagus ketika Anda merasa kurang tidur dan capek untuk dimanjakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Kensei Massage, Bisa Kami Bantu?