Yuk, Intip Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kebugaran Tubuh

Yuk, Intip Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kebugaran Tubuh

Manfaat Temulawak
Manfaat Temulawak

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang masih jarang di ketahui

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai beraneka ragam suku dan budaya. Beraneka ragam pula flora dan fauna  yang hidup didalamnya.

Banyak kita jumpai tumbuhan berupa rempah-rempah dan obat-obatan yang hidup di negara yang mempunyai iklim tropis ini.

Tumbuhan ini sangat jarang bahkan tidak ada di negara lain yang mempunyai 4 musim. Sungguh sangat beruntung kita mempunyai sumber daya alam yang melimpah serta banyak pula khasiatnya.

Salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan alternatif adalah temulawak, jahe, kunyit, kencur, lada dan masih banyak lagi. Semua tanaman tersebut masing-masing mempunyai khasiat sendiri dan berbeda-beda.

Bila dicampurkan dengan komposisi yang tepat akan menghasilkan sebuah minuman yang sangat banyak khasiatnya untuk kebugaran tubuh. Racikan tersebut biasa di sebut sebagai “jamu” dalam bahasa Jawa dan berarti “obat” dalam bahasa Indonesia.

Kita khususkan terlebih dahulu pembahasan tentang manfaat yang ada dalam temulawak.

Temulawak yang dalam bahasa ilmiahnya adalah CURCUMA ZANTHORRHIZA. Tanaman ini termasuk di jenis tanaman temu-temuan. Banyak sekali manfaat yang ada dalam kandungannya.

Mari kita bahas satu persatu manfaat temulawak yang akan kita dapat jika mengonsumsinya.

Manfaat Temulawak Untuk Stamina

Ya, benar temulawak, sudah sering kita dengar dipakai sebagai obat tradisional penambah nafsu makan yang rasanya pahit getir.

Pada zaman dahulu para ibu memakai sari pati temulawak untuk penambah nafsu makan terkhususnya untuk anak-anak yang sulit makan. Ramuan ini sangat dipercaya dan efektif untuk membuat nafsu makan bertambah.

Sampai sekarangpun masih banyak digunakan para ibu untuk menambah nafsu makan anaknya, namun dengan versi serta cara yang berbeda.

Kalau zaman dulu hanya temulawak diparut lalu diambil air sari patinya saja tanpa diberikan campuran gula maupun madu dan langsung diminum kan begitu saja, rasanyapun pahit bahkan anak-anak akan menolak untuk meminumnya.

Berbeda dengan sekarang,di zaman yang modern sudah banyak pabrik yang mengolah temulawak sehingga rasa pahit itupun bisa hilang tanpa mengurangi khasiat didalam temulawak sendiri,dan tentu sangat praktis tidak perlu susah payah membuatnya sendiri.

Sebenarnya apa saja kah yang akan kita dapat jika mengonsumsi temulawak dalam kehidupan sehari-hari?

Temulawak
Temulawak

Baca Juga : Manfaat Wedang Jahe Untuk Masuk Angin

Manfaat temulawak banyak sekali lho, diantaranya :

  1. Sebagai penambah nafsu makan, terkhusus untuk anak-anak yang sulit makan,didalam temulawak terdapat zat atsiri yang banyak dimanfaatkan untuk  nafsu makan.
  2. Membantu melancarkan sembelit atau susah buang air besar.didalam temulawak terdapat serat dan kurkumin yang tinggi hal ini bisa membuat proses pencernaan lancar kembali.
  3. Menambah imunitas tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkena virus.
  4. Sebagai pembasmi bakteri jahat seperti stamphyloccocus juga salmonella. Berarti temulawak juga bisa dipakai untuk antibakteri maupun anti jamur.
  5. Temulawak mempunyai antioksidan yang tinggi dengan begitu bisa mengecilkan sel-sel kangker serta mencegahnya untuk tumbuh di bagian tubuh lainnya.
  6. Temulawak mampu mengobati peradangan pada luka,temulawak mempunyai anti radang yang tinggi mampu mengurangi pertumbuhan prostaglandin e2 yang akan  menimbulkan radang pada goresan di kulit.
  7. Proses metabolisme tubuh terjaga baik, zat pati dan turmerol didalam temulawak sangat baik untuk tubuh bekerja lebih efektif.
  8. Penderita osteoarthritis banyak disarankan untuk mengonsumsi temulawak dengan dosis dokter dikarenakan temulawak dapat meredakan sakit atau radang pada persendian.
  9. Dapat mengurangi kolestrol ditubuh,zat kurkuma di temulawak dapat menyusutkan kolestrol LDL ( low density liporprotein )
  10. Membuat stamina tubuh kembali lebih cepat,banyak atlet yang mengonsumsi temulawak yang dikombinasikan dengan jahe ketika kelelahan,agar tubuh kembali vit dan berstamina lagi.
  11. Temulawak mempunyai kandungan piridoksin di dalamnya yang dapat menyembuhkan penderita perut kembung akibat masuk angin.
  12. Sangat baik untuk organ hati dan cairan didalam empedu, temulawak disini berfungsi sebagai pelindung hati dari kerasnya obat kimia atau disebut juga helatoprotektor. Selain itu juga merangsang cairan empedu secara bersamaan.
  13. Phelandren yang ada didalam temulawak dapat mengeluarkan racun didalam tubuh atau toksin.
  14. Antibakteri dalam Temulawak juga dapat membantu menyembuhkan jerawat dan mencegahnya datang kembali. Bisa dikonsumsi lewat minuman juga bisa sebagai masker wajah.
  15. Minyak atsiri dalam temulawak dapat menghambat penuaan dini.
  16. Minyak atsiri juga bisa membuat kulit tampak cantik halus dan terawat.
  17. Minyak atsiri juga dapat melenyapkan flek-flek pada wajah.
  18. Dapat juga meringankan rasa sakit yang dialami saat menstruasi berlangsung. Dengan mencampurkan temulawak dan kunyit diseduh hangat serta dikonsumsi pada saat masa haid .

Itulah beberapa manfaat temulawak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita  dan mungkin belum banyak yang mengetahuinya.

Banyak sekali bukan,sudah pernah mencoba mengonsumsi temulawak atau bahkan anda adalah salah satu penggemarnya.

Efek Samping Dari Temulawak

Tetapi disamping temulawak yang kaya akan manfaatnya,temulawak juga mempunyai efek samping yang sangat buruk untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Temulawak aman dikonsumsi maksimal 5 bulan dengan jumlah besar. Jika lebih dari itu akan banyak menimbulkan efek yang sangat merugikan tubuh. Karena terlalu over pemakaian.

Efek samping yang ditimbulkan jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan jumlah besar ,akan menimbulkan :

Efek Samping Dari Temulawak

  • Lambung terasa panas/iritasi lambung
  • Susah buang air besar atau sembelit,diare akan menimbulkan dampak dehidrasi dalam tubuh
  • Jantung akan berdebar kencang dan tidak normal
  • Selalu merasa mual dan ingin muntah
  • Empedu dan hati akan tidak stabil dan akan terganggu kesehatannya
  • Karena over konsumsi ginjal akan ikut rusak
  • Jika ginjal rusak akan berpengaruh ke saluran kencing ikut terinfeksi
  • Berat badan semakin bertambah
  • Akan ada gejala penyakit baru didalam tubuh
  • Menimbulkan pendarahan di organ tubuh

Itulah beberapa efek samping yang sangat buruk jika kita sampai lalai dalam mengontrol semua yang masuk dalam tubuh kita.

Temulawak memang benar bahan yang alami yang bebas dari zat kimia dan aman untuk dikonsumsi,namun bukan berarti bisa dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar dan tanpa takaran .

Tips Mengolah Temulawak

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan
Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Baca Juga : Cara Melakukan Pijat Refleksi

Tips penting untuk mengolah temulawak agar khasiatnya dapat diserap tubuh secara maksimal dan tidak menimbulkan efek samping serius untuk kesehatan.

  • Temulawak Parut

Temulawak bisa diparut atau dihancurkan dengan mesin sesuai kebutuhan,untuk sekali minum bisa dihaluskan satu sampai dua ruas saja.

Kemudian diperas diambil air saripatinya. Taruh kedalam gelas bisa dicampur sedikit madu untuk menghilangkan rasa getir pahitnya dan sedikit air lalu diaduk dan bisa langsung diminum di pagi hari atau malam hari sebelum tidur

  • Temulawak Serbuk

Bisa juga temulawak dijadikan serbuk, sekarang sudah banyak toko yang menjual minuman herbal dengan bentuk serbuk. Dengan seperti ini akan memudahkan untuk mengonsumsinya tinggal mengambil satu sampai dua sendok taruh didalam gelas bisa diseduh dengan air hangat maupun dingin.

Biasanya temulawak yang berbentuk serbuk yang dibeli dari toko sudah dicampur pemanis seperti gula pasir,gula aren,gula merah atau madu jadi tidak usah ditambahkan apapun lagi.

Dua cara diatas bisa membantu cara kita mengonsumsi Temulawak agar tidak berlebihan.

Untuk menghindari efek jangka panjangnya,bisa dikonsumsi seminggu sekali dan maksimal dua kali saja dalam satu Minggu.

Perhatian penting,jangan merebus temulawak pada panci yang berbahan dasar alumunium .karena kandungan di dalam temulawak akan berubah menjadi toksin atau racun.

Jika hanya mempunyai panci berbahan alumunium bisa diakali dengan airnya saja yang direbus baru setelah mendidih dituangkan dalam gelas berisi temulawak.

Untuk penderita penyakit hati atau liver dan gangguan empedu dilarang keras mengonsumsi temulawak tanpa resep dari dokter.

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapat dari Temulawak jika kita bijak dalam mengolah,mengontrol semua yang akan kita konsumsi.

Di atas sudah disebutkan banyak sekali manfaatnya,namun temulawak hanyalah obat tradisional sebagai penawar penyakitnya.

Bukan berarti juga semua penyakit bisa langsung disembuhkan dengan temu lawak. Harus ada juga observasi dari dokter yang sangat berkompeten menangani penyakit anda.

Konsultasikan semua gejala kepada dokter,jika dokter tidak menyarankan anda mengonsumsi temulawak langsung hentikan   penggunaannya.

Karena dokter lebih mengerti kandungan obat apa yang bisa membuat penyakit anda sembuh. Jika salah mengonsumsi temulawak juga akan bahaya efek sampinnya.

Konsumsilah temulawak sehari satu kali saja dan maksimal dua kali setiap minggunya.

Semoga ilmunya bermanfaat dan menambah wawasan kita. Serta mampu memanfaatkan berbagai jenis tanaman obat dan rempah yang ada di lingkungan kita.

Terima Kasih.

Baca Juga : Pijat Panggilan Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat
Kensei Massage, Bisa Kami Bantu?