Manfaat Wedang Jahe, Salah Satunya Menyembuhkan Masuk Angin

Manfaat Wedang Jahe, Salah Satunya Menyembuhkan Masuk Angin

Manfaat Weddang Jahe
Manfaat Wedang Jahe

Manfaat Wedang Jahe

Jahe memang banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi di masa pandemi ini manfaat wedang jahe di yakini bisa memperkuat sistem imun atau daya tahan tubuh dalam tubuh. Lalu apakah dengan meminum jahe bisa menyembuhkan masuk angin?

Indonesia di kenal dengan kesuburan alamnya, hingga tak terkecuali segala tumbuhan bisa tumbuh subur. Mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, hingga rempah-rempah bisa tumbuh dengan suburnya.

Salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh subur adalah jahe, jahe di ketahui memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal yang alami. Penghasil jahe terbesar di Indonesia ialah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Bengkulu dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jahe diperkirakan berasal dari negara India. Tapi, ada juga yang berpendapat kalau jahe itu berasal dari Cina selatan. Jahe termasuk dalam jenis tanaman Rimpang yang berbentuk jari mengembung di ruas-ruas tengah. Jahe sangat populer sebagai bahan obat dan bahan rempah.

Beberapa Manfaat Wedang Jahe :

  • Menghangatkan tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengobati perut kembung
  • Meredakan gejala masuk angin

Benarkah wedang jahe bisa mengobati masuk angin?

Masuk angin memang terdengar sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia, istilah masuk angin biasanya terjadi karena mengalami demam, perut kembung, dan mual-mual. Tentunya keluhan ini sangat menggangu rutinitas sehari-hari jika dibiarkan.

Minum wedang Jahe terbukti bisa mengurangi keluhan masuk angin, karena jahe bisa menghangatkan tubuh. Maka tak heran sekarang banyak ditemui jahe diolah menjadi obat herbal untuk mengobati penyakit.

Di kutip dari klikdokter, dr. Theresia Rina Yunita mengatakan “jika jahe memang bisa dan ampuh untuk mengobati masuk angin. Jahe mempunyai sifat yang menghangatkan badan. Jadi memang bisa untuk menurunkan panas suhu tubuh. Air rebusan jahe juga mampu untuk membuat perut lebih nyaman, sehingga keluhan masuk angin bisa berkurang.”

Baca Juga : Cara Melakukan Pijat Refleksi Beserta Manfaatnya

Cara Membuat Wedang Jahe

Jahe memang sangat populer dan mudah di dapatkan di antara jenis tanaman herbal lainnya, selain karena manfaatnya, jahe sangat mudah untuk di sajikan sebagai minuman atau jamu. Terbukti, sekarang banyak ditemui wedang jahe yang sudah berbentuk sachet atau dalam bentuk jahe serbuk.

Di warung-warung sudah banyak diperjual belikan jahe sachet, yang sering kita jumpai adalah merk sari jahe. Jahe bisa di campurkan dan diaplikasikan dengan minuman lainnya, seperti Kopi, Susu, Madu, Jeruk dan sebagainya.

Wedang jahe sangat baik untuk menghangatkan tubuh, untuk itu seduhlah jahe jika kedinginan. Selain juga untuk mendapatkan banyak manfaat wedang jahe. berikut cara membuat wedang jahe :

Wedang Jahe
Wedang Jahe

Pertama siapkan bahan-bahan berikut

  1. Siapkan jahe secukupnya
  2. Gula aren / Gula jawa secukupnya
  3. Air panas / Air mendidih secukupnya
  4. Gelas

Cara membuatnya

  1. Cuci jahe secara bersih, setelah itu bakar jahe menggunakan arang atau juga bisa menggunakan api dengan kompor.
  2. Bakar jahe sampai rata dan mengeluarkan wangi aroma jahe yang khas.
  3. Setelah itu jahe di geprek atau gepuk hingga gepeng, lalu masukan kedalam gelas
  4. Masukan gula aren atau gula jawa secukupnya kedalam gelas.
  5. Tuangkan air mendidih atau air panas ke dalam gelas
  6. Wedang jahe siap dihidangkan (Untuk tambahan wedang jahe bisa disajikan atau dicampur dengan susu, madu atau kopi)

Cara lain mengatasi masuk angin

Sebenarnya masih banyak cara selain meminum jahe dan mengkonsumsi makanan yang hangat untuk mengobati masuk angin. Berikut adalah alternatif cara mengatasi masuk angin:

Dikutip dari klikdokter, dr. Reza Fahlevi menyampaikan bahwa pijat sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Ini berarti pijat membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dan di ketahui ini meredakan capek, lelah dan kurang enaknya badan saat masuk angin.

  • Kerokan

Kerokan adalah cara alternatif yang tradisional yang dipercayai dari dulu bisa menyembuhkan masuk angin. Sampai sekarang pun masih banyak ditemui orang menggunakan kerokan untuk mengobati masuk angin. Cara melakukan kerokan juga sangat mudah, hanya menggunakan koin dan minyak angin atau balsem.

  • Mengkonsumsi Vitamin

Jika memang dirasa perlu, bisa mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan gejala masuk angin. Seperti vitamin c atau vitamin B, bisa juga mengkonsumsi paracetamol, asam mefenamat atau ibuprofen yang dijual di apotek. Tentunya dengan dosis dan anjuran yang sesuai.

  • Mandi dengan air hangat

Cara lain untuk mengobati masuk angin ialah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat bisa membuat badan lebih rileks dan mengendorkan otot-otot yang kaku. Mandi dengan air hangat juga membuat badan lebih bersih membuat resiko infeksi lanjutan lebih bisa diatasi.

  • Istirahat

Untuk mengembalikan energi dan stamina adalah dengan istirahat. Berarti tubuh akan kembali menjadi segar dan fit. Dengan istirahat tentunya bisa mengurangi segala gejala masuk angin.

Namun jika lebih dari 3 hari mengalami gejala masuk angin tidak membaik, meski sudah minum wedang jahe, istirahat, kerokan maupun menggunakan cara lain, maka cepatlah bergegas pergi ke dokter untuk diperiksa. Jangan tunggu sampai bertambah parah, lebih cepat di atasi itu akan lebih baik.

Baca Juga : Cara Melakukan Pijat Tradisional Dan Manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Kensei Massage